Pentingnya Menjaga Kesehatan Mata

alivemuseum.co.id – Pada minggu kedua Oktober, dunia memperingati Hari Visi Sedunia atau Hari Penglihatan Dunia setiap hari Kamis. Kamis, 12 Oktober 2017, adalah Hari Visi Sedunia. Hari ini awalnya dimulai oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bersama dengan Badan Internasional untuk Pencegahan Kebutaan. Fokusnya adalah pada kesadaran akan risiko kebutaan dan gangguan penglihatan. Untuk alasan ini, masyarakat diharapkan lebih sadar akan pentingnya menjaga kesehatan mata.

Ringkas beberapa sumber. Berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda ambil untuk menjaga kesehatan mata.

Periksa mata Anda secara teratur

Anda perlu tahu bahwa sangat penting untuk secara teratur memeriksa kesehatan mata Anda. Marcela Frazier dari University of Alabama di Birmingham merekomendasikan agar orang memperhatikan masalah mata anak-anak. Tentu saja, lebih mudah untuk mengenali ketika anak itu di sekolah. Frazier menyarankan orang tua untuk lebih memperhatikan semua bentuk ketidaknyamanan pada anak-anak, seperti sakit kepala, kelelahan setelah membaca, berkedip, membaca pada jarak yang tepat dan lainnya, karena semua gangguan ini dapat berhubungan dengan masalah mata.

Perluas pemandangan di luar ruangan

Cara aman untuk menjaga kesehatan mata adalah menghabiskan lebih banyak waktu di tempat yang terpapar cahaya alami. Ketika Anda keluar atau melihat-lihat, Anda bisa memfokuskan mata Anda pada sesuatu yang jauh, mengistirahatkan mata Anda dan bersantai mata Anda, berhenti untuk melihat sesuatu dari dekat. Selain itu, cahaya alami dapat mengurangi risiko miopia atau Mipoi. Juga, anak-anak idealnya menghabiskan setidaknya dua jam sehari di luar ruangan untuk mencegah masalah mata.

Kurangi umur rigging pada layar monitor

Bahkan, ada begitu banyak orang yang menghabiskan lebih banyak waktu di perangkat digital, apakah mereka bekerja atau hanya bermain. Ini menghasilkan beban mata digital yang menyebabkan gangguan fisik sementara setelah dua jam atau lebih di depan layar monitor. Kebiasaan menatap layar terlalu lama bisa membuat mata lelah, merah, jengkel dan kering, membuat penglihatan tidak jelas dan menyebabkan sakit kepala dan sakit kepala. Para ahli merekomendasikan untuk beristirahat dan menyesuaikan ukuran teks, posisi duduk, dan pengaturan komputer. Khusus untuk anak-anak, orang tua harus terus memantau dan mengontrol penggunaan peralatan pada anak untuk mencegah masalah kesehatan mata.

Makanlah makanan bergizi

Makanan bergizi sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh, termasuk mata. Dan tentu saja, ada beberapa makanan yang dikonsumsi dengan baik untuk menjaga kesehatan mata. Kelompok tuna, burung nasar dan sarden dikenal kaya akan asam lemak omega-3, yang menyuburkan selaput sel dalam sel saraf, termasuk retina. Omega-3 juga mencegah gejala pertama penyakit mata terkait usia. Selain kelompok ikan, sayuran dan buah, juga meningkatkan kesehatan mata, khususnya clementine, mandarin, wortel, bayam dan brokoli. Mereka kaya akan antioksidan, vitamin A dan C, yang membantu melindungi kornea, mencegah katarak dan mata lelah. Berikut adalah beberapa makanan lain yang dapat memiliki kesehatan mata.

wortel

Bukan rahasia lagi bahwa wortel sangat baik untuk kesehatan mata. Wortel kaya akan beta-karoten. Beta karoten selanjutnya diubah oleh tubuh menjadi vitamin A, yang memainkan peran penting bagi mata. Wortel juga dapat membantu tubuh melepaskan radikal bebas.

tomat

Tomat baik untuk kesehatan kulit, tetapi mereka juga memiliki banyak manfaat untuk mata. Tomat kaya akan vitamin A, vitamin C dan likopen, tiga nutrisi yang sangat penting bagi mata.

telur

Telur mengandung sumber nutrisi yang baik untuk mata seperti vitamin A, seng, lutein, vitamin B12, vitamin D dan sistein. Lutein dan zeaxanthin dalam protein adalah antioksidan terbaik untuk mencegah degenerasi makula dan katarak.

ikan salmon

Ikan ini mengandung lebih banyak omega-3 daripada jenis ikan dan makanan laut lainnya. Studi menunjukkan bahwa mereka yang secara teratur mengonsumsi asam lemak omega-3 menghindari gangguan mata kering.

alpukat

Alpukat mengandung sebagian besar lutein dari buah-buahan lain. Lutein penting untuk pencegahan degenerasi makula dan katarak. Alpukat juga berperan sebagai penyerap nutrisi penting seperti alfa dan beta-karoten untuk membentuk vitamin A, sehingga tubuh dapat diserap secara memadai.

Hindari kebiasaan merokok

Tahukah Anda bahwa menghindari rokok juga menguntungkan mata Anda? Merokok meningkatkan risiko katarak, degenerasi makula atau kehilangan penglihatan sentral karena kerusakan pada makula (bagian tengah retina) dan dapat merusak saraf optik. Tanpa merokok, orang juga terhindar dari risiko diabetes, yang juga berkontribusi terhadap masalah kesehatan di mata.

Baca Lainnya:

Pengertian Ilmu dan Nilai Sosial Menurut Para Ahli

Paket Internet Roaming Indosat 2019