Berbagai minuman penurun berat badan yang sehat

Banyak orang yang ingin menurunkan berat badan hanya mengontrol konsumsi makanan, terlepas dari apa yang mereka minum. Padahal, bahkan minuman memainkan peran penting dalam mengendalikan berat badan. Beberapa jenis minuman juga dianggap sebagai penurunan berat badan karena manfaat yang dimilikinya.

Berbagai minuman penurun berat badan yang sehat

Beberapa jenis minuman dapat meningkatkan laju metabolisme, mencegah rasa lapar dan membuat Anda tinggal lebih lama. Berikut berbagai minuman yang memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan.
1. Air

Air minum membantu mengurangi minuman berkalori tinggi, mengendalikan nafsu makan, meningkatkan pembakaran lemak dan kalori, dan memperlancar pencernaan.

Juga telah ditunjukkan bahwa air meningkatkan laju metabolisme menjadi 24-30% selama 1-1,5 jam.

Orang yang terbiasa minum 500 ml air setengah jam sebelum makan, juga menurunkan berat badan hingga 44% dibandingkan dengan mereka yang tidak.

Itu sebabnya air adalah salah satu minuman penurun berat badan yang sangat direkomendasikan untuk diet.
2. Teh hijau

Teh hijau mengandung antioksidan yang disebut katekin yang dapat meningkatkan pembakaran lemak dengan meningkatkan metabolisme.

Kandungan catechin bahkan lebih tinggi dalam teh hijau berbentuk bubuk yang dikenal sebagai matcha.

Selain menjadi andalan minuman penurun berat badan, teh hijau juga menawarkan segudang manfaat kesehatan. Konsumsi teh hijau secara teratur bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi, diabetes, dan obesitas.

perbedaan antara teh hijau dan teh hitam
3. Teh hitam

Teh hitam telah melalui serangkaian proses yang lebih oksidatif sehingga warnanya menjadi lebih gelap dan rasanya menjadi lebih kuat. Minuman ini kaya akan antioksidan yang disebut flavonoid yang konon membantu mengurangi berat badan.

Polifenol dalam teh hitam dapat menstimulasi pemecahan lemak, meningkatkan pertumbuhan bakteri baik di saluran pencernaan dan mengurangi asupan kalori.

Sebuah studi yang dilakukan pada 2017 menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi sumber flavonoid secara teratur memiliki lebih sedikit lemak tubuh.
4. Smoothie buah

Tidak seperti jus buah, smoothie adalah minuman untuk menurunkan berat badan jauh lebih rendah.

Smoothie dibuat dengan mencampur buah dengan susu skim, susu almond atau yogurt. Bahan-bahannya dipoles hingga kekentalan yang diinginkan.

Pilih buah-buahan seperti serat, pisang, blueberry atau stroberi. Buah yang digunakan bisa segar atau beku, tergantung selera.

Jika Anda ingin smoothie yang lebih sehat, Anda bisa menambahkan sayuran kaya serat.
5. Kopi hitam

kopi tanpa kafein

Kopi mengandung kafein yang merupakan stimulan dalam tubuh. Kandungan kafein dalam kopi membantu mengurangi berat badan dengan mengurangi asupan kalori, meningkatkan laju metabolisme, dan merangsang pembakaran lemak secara lebih efektif.

Kopi hitam sebenarnya rendah kalori, sehingga bisa dikonsumsi sebagai minuman pelangsing diet. Kalori tinggi jika Anda mengonsumsi kopi yang telah ditambahkan dengan sirup, krim kocok, susu rendah lemak atau pemanis buatan.

Tanpa disadari, minuman dapat memberikan asupan kalori yang cukup. Minuman berkalori tinggi biasanya mengandung pemanis buatan tanpa keseimbangan nutrisi yang diperlukan. Akibatnya, Anda tidak bisa menurunkan berat badan.

Sekarang, Anda bisa menyiasatinya dengan mengonsumsi berbagai minuman untuk menurunkan berat badan. Lengkapi diet Anda dengan aktivitas fisik yang cukup sehingga kesehatan tubuh Anda tetap terjaga meskipun berat badan Anda berkurang.

Baca juga: